Monday, December 9, 2013

Roommate Part 1 (Berlin)

Gue sudah hampir 1,5 tahun tinggal di jerman. Udah 1 kali pindah kota, dan 2 kali pindah rumah. Jadi kesimpulannya gue udah ganti temen satu apartement 2 kali di 2 kota yang berbeda. Mungkin ini salah satu pengalaman yang paling penting buat gue.  Punya banyak teman dan belajar berinteraksi dengan baik. Karena banyak temen itu artinya banyak koneksi dan banyak koneksi insya Allah juga banyak rezeki.

Selama ini gue belom pernah tinggal dengan selain orang Indonesia. Bukannya gue rasis ya, tapi menurut gue kita harus tinggal sama orang yang nyaman buat kita dan itu semua cuman bisa dicapai kalau tinggal sama saudara setanah air. Tapi nggak selalu pernyataan gw itu bener sih. Kadang pikiran kita saja yang terlalu terkotak kotak, hingga tidak bisa melihat lebih luas. Dengan tinggal sama bule kita bisa belajar bahasa dan budaya mereka. Tapi mungkin itu tidak menjamin kenyamanan. Bisa juga kita kedapatan tinggal dengan orang Indonesia yang bertolak belakang dengan kita dan tidak mau berkompromi dalam bertetangga. Jadi masalah dengan roommate adalah masalah yang dasar dan harus di mengerti oleh orang satu rumah termasuk diri kita.

Capek ah ngomong serius. Mendingan kita ngomongin yang asik asik aja.

Jadi seperti yang gue bilang tadi, gue udah pernah pindah rumah 2 kali. Pertama kali gue dateng ke Jerman gue tinggal di kota terbesar sekaligus ibu kota dari Negara ini yaitu Berlin. Kota ini mungkin paling mirip dengan Jakarta. Minus macet, minus polusi dan minus macem macem lah. Tapi semua terjadi di kota ini seperti Jakarta.

Di Berlin gue tinggal di daerah yang namannya Charlottenburg, tepatnya dekat dengan Schloss Charlottenburg (istana gitu deh). Gue nggak tinggal di instana kok cuman deket aja dari istananya. Tempat tinggal gue memang salah satu tempat yang nyaman untuk ditinggali, selain dekat dengan istana ada juga sungai yang mengalir tepat di samping gedung apartment gue jadi asri banget environment-nya. Balik lagi deh ke topik awal ngomongin tentang roommate. Di apartement ini ada 2 kamar tidur, 1 gudang, dapur dan kamar mandi. Lengkap sih karena sewanya juga agak mahal. 1 kamar tidur di isi sama 2 orang. Jadi totalnya itung sendiri lah berapa orang yang tinggal disini. Anda benar! 4 orang! *abaikan saja*. 1 kamar diisi oleh gue dan teman gue. Dan kamar yang lain diisi sama 2 cewe. Jadilah mereka 3 kenalan pertama gue di Jerman. Di masa masa awal di Berlin, gw bisa di bilang sangat ansos. Gw keluar rumah cuma buat belanja, solat jumat, sama les bahasa. Selain itu gue kerjain semuanya di rumah. Karena jika disitu ada koneksi internet, di situlah dimulai kehidupan hhe. Beda dengan 3 roommate gue. Mereka mungkin bisa dikategorikan jadi ‘anak gaul indo’ dan gue ‘anak jago kandang’. Ga tau kenapa dulu gue agak susah kenalan sama orang, jadi gw ga punya temen dan temen gue cuman laptop yang sudah tak muda lagi.

Teman gue yang satu kamar sama gue asalnya dari papua. Apus semua bayangan kalian tentang perawakan orang papua. Gue sendiri dulu masih bingung mungkin karena pikiran gue masih sempit kali ya. Temen gue satu ini kulitnya lebih putih dari gue dan badannya gede. Tapi gue pertama ketemu dia setelah 2 minggu pertama gue di berlin. Dia jarang pulang. Dulu gue mengkategorikan dia sebagai ‘anak-gaul-nomaden-padahal punya rumah’. Kalau pulang udah kaya lagunya Payung Teduh, malam terlalu malam pagi terlalu pagi. Jam 2-3 malem baru balik atau kalau balik sore jam 7 udah jalan lagi. Kalau gue Tanya:

“lu udah mau pergi lagi?”
“iya nih mau ke Koethen (salah satu kota kecil 2 jam dari berlin)”

Anjiir gue pikir kuat abis ya ini orang jalan mulu dari kota A ke kota B terus ke kota C. gue disuruh ke Jakarta barat aja ogah kalau dari rumah di Jakarta *emang terlalu mager sih*. Ini dia bolak balik kota yang jauhnya kira kira kaya Jakarta-bandung. Setelah beberapa lama gue kebiasa sih dengan kebiasaan temen gue satu ini. Mudah-mudahan aja dia pergi pergi terus itu bukan karena gw jarang mandi *walaupun tetep wangi*.  Setelah gue tanya temen serumah yang lain dia emang dari dulu jarang pulang.

Teman satu apartemen gw yang lain itu 2 cewe. Berjilbab. Solehah lah insya Allah. Mereka jarang dirumah juga. Eh jangan mikir yang nggak-nggak. Mereka tuh ke masjid terus setiap hari. Nah problemnya itu, waktu itu lagi bulan Ramadhan. Dan Ramadhan bertepatan di musim panas. Enaknya tinggal di Indonesia, waktu siang dan malam ga pernah berubah-rubah. Nah di Eropa unfortunately semua tergantung musim. Musim panas siangnya lama banget. Dan maghrib itu jam setengah 10 malam. Jadi kita puasa kira-kira 18 jam!! Bayangkan! Wajar dong kalau gue jadi mager *ini mah alesan aja, biasanya juga mager*. Jadi kalau maghrib jam setengah 10 malem, otomatis isya jadi lebih malem dan solat taraweh selesainya jadi malem banget. Sekitar jam 12an malam baru selesai. Dan gue baru tau akhir-akhir ini kalau mereka jarang pulang gara-gara kemaleman dan ga ada yang nemenin mereka pulang juga, karena gue lebih sering solat di rumah. Jadi mereka lebih milih nginep dirumah temen mereka dibanding pulang malem. Sampe sekarang gue jadi ga enak sama mereka. Tapi mereka enjoy enjoy aja kok dan ga pernah bete sama gue. Mungkin ini ya yang namanya toleransi sesama teman satu rumah.

Gue toleransi ke temen gw yang pulang malem terus atau malah jarang pulang. Dan 2 cewe ini toleransi sama kemageran gue.  Ya itu lah hidup, ga ada orang yang perfect, jadi  kita harus bisa toleransi satu sama lain. Apa lagi sama yang tinggal bareng sama kita. Dan jangan keenakan di toleransi terus, kita juga harus mikirin yang lain.

Roommate part 1 selesai. Lanjutannya menyusul ya…


1 comment:

  1. Semoga gak salah duga, 2 cewe berjilbab, insya Allah soleha mengingatkan gue sama diri sendiri :p

    ReplyDelete