Sunday, August 31, 2014

Yellow Jacket

Kuning itu sebenarnya salah satu warna yang nggak gw suka, terlalu norak dan mencolok. Kesannya bikin sakit mata. tapi nggak tau kenapa kalau ngeliat anak UI make jaket kuning mata gw bukannya sakit malah berbinar binar. Di dalam hati sebenarnya iri sih. Dari jaman SMP salah satu cita-cita gw adalah kuliah di UI. Wajar lah ya, gw tinggal di Pasar Minggu dan sekolah di Depok, jadi dari jaman sekolah dasar gw udah familiar sama universitas yang termasuk salah satu dari Universitas terbaik di Indonesia ini. Gw masih inget dulu pas jaman SD, gw dan temen temen TPA gw sering naik kereta dari pasar minggu sampe stasiun UI terus explore hutan UI yang isinya pohon karet. Tujuan kita sebenernya nyari biji karet sama mainin getah pohon karet. Pas SMP gw lebih sering keliling UI naik motor terus kalau malam ke daerah belakang hutan UI terus gangguin orang yang lagi gelap-gelapan pacaran. Gw juga sering diajak keliling fakultas fakultas di UI sama senior gw yang waktu itu masih jadi mahasiswa teknik mesin UI. Pas jaman SMA gw dan seorang sahabat gw sering explore UI terus bikin perjanjian kalau kita harus kuliah di UI, tapi tuhan berkata lain, gw kuliah di jerman dan temen gw ini sekarang kuliah di UGM. Sangking seringnya gw ke UI, gw hampir apal semua pintu masuk ke UI, dari mulai pintu utama sampai pintu yang harus melewati hutan di daerah PNJ.

Tapi memang tuhan tuh sayang sama kita. Kita selalu dikasih yang terbaik. Berati memang bukan takdir gw kuliah di sana walaupun itu cita-cita sejak kecil. Walaupun di hati yang paling dalam gw masih pengen kuliah di sana. Memang bener kata orang rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau, walaupun kita udah di kasih lebih masih aja kurang bersyukur.

Untuk mengobati keinginan gw untuk kuliah di UI, liburan kali ini gw sering meluangkan waktu gw yang emang luang banget buat ‘experiencing universitas Indonesia’.  Maksudnya ikut merasakan jadi mahasiswa UI. Dari mulai nongkrong di kantin fakultas teknik, ngopi di cafe di FISIP, ikut gelar jepang di FIB, main ke perpus UI yang bentuknya udah kaya kombinasi markas power ranger dan rumah teletubies, minjem ID temen terus internetan di perpus UI sampe ikut upacara wisuda dan penyambutan mahasiswa baru.

Jadi pas taggal 29 kemaren, gw diajak sama senior gw ke JCC buat liat kompetisi bisnis buat mahasiswa yang diadain sama Perbanas. Jadi ada 5 finalis yang berhasil lolos seleksi dan 2 diantaranya anak UI. Lomba itu kebetulan sangat private jadi ga semua orang bisa masuk ke ruangan lomba. Dan Alhamdulillahnya dengan bantuan temen temen dari UI gw bisa masuk ke sana dan bisa liat semua pengusaha muda ini mempresentasikan bisnis mereka. Salah satu juri di acara ini adalah Prof. Rhenald Kasali, dia itu guru besar di fakultas ekonomi UI. Gw seneng banget, gw sering liat dia di TV terus emang kagum sama kepintarannya. Jarang jarang bisa ketemu guru besar UI sempet ngobrol sebentar pula.

Sehabis dari acara itu gw balik ke depok dan diajak lagi sama senior gw ke balairung UI buat liat wisuda. Kita kesana naik motor, dan agak bingung gara gara hampir semua pintu masuk ke UI udah ditutup. Alhamdulillah pintu belakang PNJ masih dibuka. Setelah sampai balairung kita coba masuk lewat pintu depan tapi ternyata kita gak boleh masuk karena gak punya undangan. Senior gw ini gak abis akal dia cari jalan masuk lain tapi nggak ketemu, terus kita nyelinap ke belakang stand souvenir terus lompat tali pembatas biar bisa masuk, agak ilegal sih tapi demi ngeliat wisuda apapun bisa dimaklumi. Akhirnya kita bisa masuk dan naik keatas tribun Balairung yang udah dipenuhi sama maba yang dengan bangga menggunakan jaket kuningnya. Besyukur kita duduk di tribun atas jadi bisa ngeliat semua prosesi acara wisuda UI. Acaranya cukup lama hampir 2 jam. Isinya dari mulai penyambutan dosen, nyanyi lagu UI dan Indonesia raya, pemberian penghargaan buat yang lulus dengan nilai cum laude, dan nyanyi lagi.



Setelah selesai acara ternyata diluar hujan deres, jadi orang gak bisa keluar balairung alhasil balairung jadi penuh orang desek-desekan. Setelah setengah jam-an desek-desekan kita bisa keluar walaupun di luar masih gerimis. Abis itu kita keliling keliling nyelametin orang orang walaupun gak kenal. And i found this:



Kemudian kita nyari mushola buat sholat Ashar terus masuk ke sebuah ruangan yang ternyata isinya dosen dan guru besar. Didalam ruangan ini ada sebuah mushola, tapi pas kita mau masuk kita dijegat seorang satpam cewe, dia bilang kita gak bisa sholat di sana ini khusus guru besar. Senior gw malah cuek aja terus ngabain larangan si satpam dan masuk ke mushola. Dia bilang “masa tempat sholat dibatas batasin, gak bener tuh”. Gw sih ngikut aja. Setelah selesai wudhu gw dan senior gw ini ngobrol sebentar dan masuk seorang bapak-bapak seumuran bokap gw. Tiba tiba senior gw ini langsung salim sama si bapak ini dan ngasih kartu namanya sambil ngenalin dirinya sebagai alumni teknik mesin UI. Bapak ini terlihat ramah banget, ngomongnya halus dan pelan. Setelah ngobrol sebentar dia nanya sama kita “udah sholat belum?” kita jawab belum. Lalu dia ngajak sholat bareng dan dia jadi imam. Pas selesai  sholat dan dzikir si bapak ini nanya ini itu ke senior gw dan gw cuman dengerin aja, lagian gw gak kenal sama si bapak. Terus si bapak ngasih wejangan hidup dan doain kita supaya lancar dan tambah soleh. Kita aminin aja. Setelah si bapak pergi gw tanya sama senior gw “mas itu tadi siapa sih?”; ”itu pak Gumilar Rusliwa, mantan Rektor UI, dia itu rektor UI termuda” ; “oh itu tadi rektor UI??? Jadi kita di imamin plus didoain sama rektor UI?” gw langsung excited. Jarang jarang bisa ketemu langsung sama Rektor apa lagi gw bukan mahasiswa UI J


Pengalaman yang baru dan seru sih. Makasih banget buat senior saya mas Andi Nata yang rela ngajak saya jalan jalan keliling UI :D 

3 comments:

  1. FACHRI! ke ui ga bilang2 parah bet padahal gue ke kampus mulu pas liburan kemaren

    ReplyDelete
    Replies
    1. CACA! gw kira lu sibuk ngurusin ospek ca. ketemuan yuk, tinggal seminggu lagi nih gw di indo :( gw samperin deh ke UI...

      Delete
    2. email ke gue no hp lo ri!!!!! viandiraathia@gmail.com

      Delete